JENIS DAN DATA-DATA CAIRAN


Jenis dan data-data cairan sangatlah perlu dalam menentukan pemilihan pompa. Hal ini karena setiap cairan mempunyai berat jenis yang berbeda-beda yang akan berhubungan langsung dengan kebutuhan daya dari penggerak mula. Selain hal di atas kita juga harus menentukan material dari pompa yang sesuai dengan cairan yang dipompakan terutama untuk cairan yang bersifat korosi.

Cairan yang dipompakan juga mempunyai viscositas yang berbeda-beda yang akan mempengaruhi kurva pompa. Makin tinggi viscositas suatu cairan (cairan yang kental/viscous liquid maka akan mengakibatkan :
- Kapasitas pompa menurun

- Total head pompa menurun

- Efisiensi pompa menurun

- Daya yang di butuhkan naik


1 komentar:

  1. Saat ini saya sedang mengerjakan skripsi, mengenai Vertikal turbine pump. Beberapa data spesifikasi saya gunakan sebagai bahan untuk perhitungannya. lalu saya menjumpai permasalahan sbb :

    Di banyak literatur, menyebutkan bahwa "Vertical Turbine Pump" merupakan jenis pompa dengan jenis aliran mixed flow (aliran campur).

    Pada lain waktu, Saya membaca sebuah referensi yang menunjukkan sebuah grafik penentuan jenis pompa, yang pada grafik tersebut menyebutkan bahwa spesifikasi pompa saya ini (hehehe) termasuk dalam jenis pompa Radial..

    Mohon bantuan dan Penjelasannya..?

    thanks b4...

    BalasHapus