JENIS POMPA DITINJAU DARI PEMASANGANNYA/INSTALANSINYA

Sedemikian banyak pemasangan dari pompa centrifugal pada saat ini yang mempunyai sifat-sifat dan keunggulan tersendiri. Pada dasarnya pemasangan pompa centrifugal dapat dibagi menurut posisi poros pompa yaitu mendatar, tegak lurus atau membentuk sudut (horizontal, vertical atau inclined). Pompa juga dapat di pasang tetap (fix mounting) maupun dapat dipindah-pidahkan (mobile atau portable).





# Jenis pompa ditinjau dari penggunaannya (pumping plant)

Beberapa contohnya adalah :
* Pada bidang Hydroekonomi (water supply, irigation, drainage, sewage disposal terdapat nama-nama :water suppply pumps, hydropor pompa, pompa sumur dalam, pompa irigasi, pompa air limbah, pompa banjir, pompa pemadam kebakaran dan lain-lain.
* Pada pembangkit tenaga listrik terdapat nama-nama : pompa boiler (boiler feeds pumps), condensate pumps, reactor pumps, storage pumps dan lain-lain.
* Pada industri kimia dan petro kimia ada nama-nama : Pompa kimia (chemical pumps), pompa proses (procces pumps), recurlating pumps dan lain-lain.
* Pada industri perkapalan kita mengenal nama-nama pompa : Marine pumps, ballast pumps, bilge pumps, dock pumps dan lain-lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar